AKTA PENDIRIAN YAYASAN BINA ANAK SPESIAL MAULIDA
SALSABILA
AKTA NOTARIS NURUL FITRIA, S.H., M.Kn.
N0. 10 TANGGAL 28 OKTOBER 2011
KEPUTUSAN MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA R I
NOMOR : AHU-8451.AH.01.04.Tahun 2011
Visi :
Mendidik anak
berkebutuhan khusus untuk dapat mandiri berkarya dan berguna bagi lingkungannya
Misi :
Mengembangkan
dan mengoptimalkan bakat anak berkebutuhan khusus untuk berkarya dan
mandiri demi masa depannya
Memberi
kesempatan pada anak berkebutuhan khusus untuk dididik secara formal dengan
kurikulum yang komprehensif
Membuka
kesempatan kepada semua pihak untuk memperdalam pendidikan anak berkebutuhan
khusus
KRITERIA SISWA
:
1) Usia 6 – 15 tahun
2) Surat keterangan hasil diagnose dari
pusat tumbuh kembang atau lembaga lain yang berkompeten
3) Anak memiliki kesulitan belajar /
termasuk anak berkebutuhan khusus
PROGRAM
PENDIDIKAN :
A. PENDIDIKAN AKADEMIK FUNGSIONAL
B. PENDIDIKAN KETRAMPILAN
C. PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN
D. PENDIDIKAN SOSIALISASI
E. PENDIDIKAN KESENIAN
F. PENDIDIKAN KEMANDIRIAN
G. LIFE SKILL
H. KARAKTER
BUILDING
PENDIDIKAN ANAK
BERKEBUTUHAN KHUSUS
A. Komunikasi
ekspresif dan reseptif
B. Rencana
perkembangan individual sesuai dengan kemampuan anak. Terfokus pada memperbaiki
motivasi dan kemampuan anak, dan modifikasi lingkungan untuk mengurangi
kelemahan anak
C. Kesempatan
sehari-hari pada bantuan individual, belajar dalam kelompok dan melatih secara
praktis kegiatan” sehari-hari.
D. Asssesment
tentang kelebihan dan kelemahan anak dan perkembangan kemampuan pada kegiatan
tersebut
E. Bekerjasama
antara guru/terapis dan orang tua untuk menyampaikan tujuan pendidikan dan
melaksanakan program pendidikan di sekolah dan di rumah
F. Secara
periodik kunjungan ke rumah dan konsultasi untuk membantu keluarga melaksanakan
program dirumah secara efektif dan fungsional dan generalisasi kegiatan dari
sekolah ke rumah
G. Secara
periodik “outing” untuk memperkenalkan prasarana umum, generalisasi materi, dan
sosialisasi
H. Program
integrasi dengan masyarakat umum menggeneralisasikan kegiatan dalam kelompok
besar
I. Program mengasah minat dan bakat sesuai
dengan kompetensi, sehingga daya kembang akan lebih optimal sesuai dengan
kemampuan yang dimiliki.
KEGIATAN
BELAJAR MENGAJAR
Pendidikan
akademik fungsional 50 %
Pengembangan
minat bakat dan kemampuan 50%
07.30 – 12.00 senin – kamis
Satu kelas satu guru maksimal 5 siswa dan satu asisten guru di kelas-kelas
campuran
07.30 – 11.00 jumat
Jumat EKSPRESI, untuk BEREKSPRESI untuk kegiatan motorik
halus, motorik kasar, ketrampilan pilihan, sosialisasi, baik outdoor classes maupun
indoor classes
Sabtu dan minggu
libur
PROSES
PEMBELAJARAN
A. Sistem belajar
1)
Program belajar akademik fungsional
2)
Sesuai dengan tingkat kemampuan anak
3)
Sasaran pada minat dan bakat kemampuan dan proses kemandirian
4)
Melibatkan peran aktif orang tua
5)
Creative Teaching
6) Strategi pendekatan MIR
(multiple intelegences research) BERFOKUS PADA KELEBIHAN ANAK, BUKAN PADA KEKURANGAN ANAK. Agar memiliki skill (kemampuan) yang perlu untuk hidup bermasyarakat dan mandiri
7) Penilaian
a) evaluasi harian
b) evaluasi semester
B. Tujuan Akhir
Tujuan akhir
adalah kemandirian, sosialisasi, dan mengasah minat bakat untuk bekal hidup
masa depan.
Setiap individu
memiliki kekhususan, baik itu kelebihan maupun kekurangan. Tidak ada satupun
makhluk di dunia ini yang ada tanpa memiliki potensi tertentu.
Dengan berprinsip
akan kebesaran Tuhan dan kesungguhan ikhtiar manusia, maka bukan suatu hal yang
tak mungkin bila indivudu yang dilahirkan dengan berkebutuhan khusus bisa hidup
dan berkembang sesuai kemampuan yang dimilikinya, tentu saja dengan kesungguhan
usaha dari keluarga, sekolah dan masyarakat.
Merupakan kewajiban
kita semua untuk memberikan ruang dan waktu untuk anak anak berkebutuhan khusus
berkembang dengan optimal.
Dibutuhkan empati
dan kemauan untuk menerima dan mengasah kemampuan anak anak berkebutuhan khusus.
Special School Salsabilla
saat ini sedang berjuang merintis
menjadi sekolah idaman untuk anak anak
berkebutuhan khusus. Pada tahun-tahun awal ini kami akan terus berupaya
semaksimal mungkin melengkapi sarana dan prasarana dan juga terus meng upgrade
guru pembimbing.
Dengan Kemauan,
konsistensi, dan komitmen yang kuat,
kami yakin, Special School Salsabilla, bersama orang tua, dan masyarakat
akan mampu mengajak anak anak kita menuju kemandirian, kemanfaatan, dan menjadi
kebanggaan keluarga dan bangsa Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar